Rabu, 21 Januari 2009

Nasehat Imam Al-Ghozali

Apa yang paling dekat dengan kita???

maka jawabannya adalah mati karena setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mati, maka perbanyaklah mengingat mati

Apa yang paling jauh dengan kita di dunia ini??

maka jawabnya adalah masa lalu, karena kita tak akan pernah bisa kembali ke masa lalu, maka pergunakanlah waktu dan hidupmu hanya untuk mencari keridhoan-Nya

Apa yang paling besar di dunia ini?

maka jawabnya adalah nafsu (Al-A’raf : 179), maka berhati hatilah dengan nafsumu hingga ia tak akan mendekatkanmu apalagi sampai membawamu ke neraka

apa yang paling berat di dunia ini?

maka jawabannya adalah amanah (Al-Ahzab : 72), ketika Allah meminta hamba-Nya untuk menjadi khalifah di bumi tak ada seorang pun hamba-Nya yang mau dan sanggup bahkan malaikat yang begitu taat kepada-Nya tak kuasa menerimanya hingga kita manusia yang penuh dengan sifat sombong dan merasa mampu untuk melakukannya menyanggupi.

Apa yang paling ringan di dunia ini?

maka jawabannya adalah "meninggalkan sholat", sebegitu mudahnya kita meninggalkannya bahkan hanya gara-gara main komputer atau tugas kuliah dan kerja yang menumpuk, sungguh menghadap Allah yang hanya 5 waktu saja kita sering meninggalkannya apalagi jika perintah sholat itu tetap sebanyak 50 waktu, maka tak akan terbayangkan berapa yang akan kita tinggalkan. kalau pun di laksanakan maka akan di laksanakan dengan terburu buru bahkan seperti di kejar maling, yang waktunya hanya 10 - 15 menit menjadi 2-3 menit, tapi ketika ada masalah maka kita yang tidak terkabulkan maka dengan lantang kita akan bertanya di mana keadilan Allah, sebenarnya siapa yang tidak adil, Allah atau justru kita sendiri. Tanya hati tepuk dada.

Apa yang paling tajam di dunia?

maka jawabnya adalah lidah manusia, dapat di bayangkan berapa banyak orang yang telah kita gunjingkan stiap hari, di rumah, kampus atau di tempat kerja? berapa banyak kehormatan seseorang yang tercabik2 karna omongan kita dan berapa banyak fitnah yang tersebar dan nama baik yang ternoda karna lidah ini. maka bera banyak bangkai yang tlah kita makan??tanyakan kembali sebelum mulai menceritakan aib saudaramu, tanyakan kembali jika ini terjadi padamu maka apa yang akan terjadi??apa kita siap menerima konsekuensinya dari Allah??

Maka marilah kita bersama2 perbaiki diri dan hati

kembali pada Al-Qur’an dan Sunnah yang sudah semestinya menjadi pedoman hudup kita

hingga kita sampai pada jannah-Nya

Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar